Minggu, 12 Mei 2013

Kegiatan Kuliah dan PI


            Saya ingin share sedikit cerita tentang kegiatan kuliah dan kesibukan PI (Penulisan Ilmiah) saya. Sebelum saya mengetahui PI itu apa, saya mendapatkan informasi-informasi dari beberapa kakak kelas yang telah mengikuti PI itu ditempat kuliah saya sekarang. Dari beberapa pendapat Mereka berbeda-beda, seperti PI (Penulisan Ilmiah) itu sulit ada juga yang berkata mudah. tetapi sebenarnya menurut dosen-dosen yang mengajar PI itu tidak sulit, asal dibuat sendiri tidak hasil pekerjaan orang dan mengikuti setiap bimbingan yang telah dijadwalkan juga sesuai dengan target waktunya.
            Akhirnya pada saatnya saya mendapat giliran untuk mengerjakan PI itu karena ditempat saya kuliah, PI itu wajib diikuti bagi setiap Mahasiswa Jurusan manapun sebagai kelulusan setara D3 khusus untuk S1(Sarjana) dan setara dengan skripsi khusus untuk  D3(Diploma). Sebelumnya saya dan mahasiswa lainnya sudah bingung dan ketakutan karena PI itu susah karena banyak yang mengatakan seperti itu contohnya kakak kelas saya. Maka dari itu dampaknya ke ade kelas atau mahasiswa yang dibawahnya. ternyata tidak seperti itu, PI tidak sulit karena bila dikerjakan dengan baik sesuai aturan dari dosen pembimbig maka PI tersebut selesai.
            Memang sangat sulit dan sibuk mengerjakan PI karena sulitnya membagi waktu antara tugas kuliah, praktek, dan PI yang dimana itu adalah tugas wajib yang harus diikuti bagi setiap mahasiswa. Bila bisa membagi waktu antara kegiatan itu semua maka PI akan berjalan dengan lancar. PI (Penulisan Ilmiah) adalah sebuah karya mahasiswa dalam bentuk kegiatan membuat Aplikasi, Sistem, atau Analisis yang dituangkan ke dalam Penulisan Ilmiah (PI). Tetapi yang penting itu semua hasil karya sendiri bukan buatan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar