Kamis, 10 Oktober 2013

PENULISAN 1


NAMA : LATIFAH HANUM
NPM    : 13110974
KELAS : 4KA24 

SUMBER :

    PENGERTIAN TELEMATIKA
   Telematika adalah teknologi baru yang lahir dari perpaduan teknologi informasi dan komunikasi. Mendekatkan yang jauh, tak terhalang waktu dan jarak serta dapat memberikan informasi dan hiburan.
Kata telematika sebenarnya berasal dari bahasa Prancis “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri merujuk pada sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran dan penggunaan data bermakna. Salah satu contoh telematika adalah Internet.

MANFAAT TELEMATIKA
Manfaat telematika bagi masyarakat antara lain: dunia pendidikan, asosiasi, para pengamat, industri itu sendiri.
· Dalam dunia pendidikan peranan telematika dapat membuat kemajuan dunia pendidikan dan mempermudah dalam dunia pendidikan untuk proses pembelajaran. E-learning merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet.
·     Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
·   Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
·      Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam  berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
·  Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan
·    Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor- sektor lainnya.

PERKEMBANGAN TELEMATIKA DALAM TEKNOLOGI INFORMASI
   Perkembangan Telematika dalam Bidang Teknologi sangat berkembang dikarenakan  dari permintaan kebutuhan pengguna/masyarakat di internet, bisnis, dan Industri kreatif. Beberapa TI yang berkembang saat ini , dan akan berlanjut dengan TI yang lebih terbaru dan lebih kreatif dari hari ke hari. Contoh perkembangannya yaitu :
  • Chatting                                 : Yahoo messager, Gmail, MIRc, MSN, Skype, dll.
  • Mail                                        : Yahoo, Gmail
  • Video Streaming                  : Youtobe
  • Social Network                     : Facebook, Twitter, Friendster, Plurk, MySpace,
Foursquare,  G+, dll.
  • Blog                                        : WordPress, Blogger, tumbrl, Kronologger
 (microblogging).

Telematika yang sedang berkembang karena Perangkat teknologi informasi (TI) saat ini, meski semakin murah, tetapi tetap menjanjikan konsumen untuk selalu terkoneksi dengan dunia maya. Ini dimungkinkan bekat kehadiran teknologi internet seperti teknologi jaringan kabel Ethernet, atau pun teknologi Wireless Local Area Network (WLAN) dan Wireless Fidelity (WiFi).

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga tidak hanya dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan factor baru dari perkembangan teknologi. Antamuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu, GoogleApps, YahooAPPS live.Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunaannya.
Pada akhirnya, era robotic akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industry kecil dan menengah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar