Sistem Memori ( Memori ) adalah komponen-komponen
elektronik yang menyimpan perintah- perintah yang menunggu untuk di eksekusi
oleh prosesor,data yang diperlukan oleh insruksi (perintah) tersebut dan
hasil-hasil dari data yang diproses ( informasi ). Memori biasanya terdiri atas
satu chip atau beberapa papan sirkuit lainnya dalam prosesor. Memori komputer
bisa diibaratkan sebagai papan tulis, dimana setiap orang yang masuk kedalam
ruangan bisa membaca dan memanfaatkan data yang ada dengan tanpa merubah
susunan yang tersaji. Data yang diproses oleh komputer, sebenarnya masih
tersimpan didalam memori, dan dalam hal ini komputer hanya membaca data dan
kemudian memprosesnya. Satu kali data tersimpan didalam memori komputer, maka
data tersebut akan tetap tinggal disitu selamanya. Setiap kali memori penuh,
maka data yang ada bisa dihapus sebagian ataupun seluruhnya untuk diganti
dengan data yang baru.
TEKNOLOGI DAN BIAYA SISTEM MEMORI
Ada 2 teknologi yang mendominasi industri memori
sentral dan memori utama, yaitu :
a. Memori Magnetic Core (tahun 1960)
a. Memori Magnetic Core (tahun 1960)
Sel penyimpanan yang ada dalam memori inti dibuat dari
elemen besi yang berbentuk donat yang disebut magnetic core (inti magnetis)
atau hanya disebut core saja.
Para pembuat(pabrikan) yang membuat core ini menyusun core plane bersama dengan sirkuit lain yang diperlukan, menjadi memori banks(bank memori)
Para pembuat(pabrikan) yang membuat core ini menyusun core plane bersama dengan sirkuit lain yang diperlukan, menjadi memori banks(bank memori)
b. Memori Solid State
Komputer yang pertama diproduksi untuk tujuan komersil
adaalah UNIVAC dimana :
• CPU nya menggunakan teknologi vacuum tube (tabung hampa
udara) dan menjalankan aritmatika decimal.
• Memori utamanya 1000 word (setiap word besarnya 60
bit dan menyimpan 12 karakter 5 bit)
Karakteristik sistem-sistem memori secara umum:
a. Lokasi
• CPU
Memori ini built-in berada dalam CPU (mikroprosesor) dan diperlukan untuk
semua kegiatan CPU. Memori ini disebut register.
• Internal (main)
Memori ini berada di luar chip processor tetapi bersifat internal terhadap
sistem komputer dan diperlukan oleh CPU untuk proses eksekusi (operasi)
program, hingga dapat diakses secara langsung oleh prosesor (CPU) tanpa modul
perantara. Memori internal sering juga disebut sebagai memori primer atau
memori utama. Memori internal biasanya menggunakan media RAM
• External (secondary)
Memori ini bersifat eksternal terhadap sistem komputer dan tentu saja
berada di luar CPU dan diperlukan untuk menyimpan data atau instruksi secara
permanen. Memori ini, tidak diperlukan di dalam proses eksekusi sehingga tidak
dapat diakses secara langsung oleh prosesor (CPU). Untuk akses memori eksternal
ini oleh CPU harus melalui pengontrol/modul I/O. Memori eksternal sering juga
disebut sebagai memori sekunder. Memori ini terdiri atas perangkat storage
peripheral seperti : disk, pita magnetik,dll.
a. Kapasitas
a. Kapasitas
• Ukuran word
Kapasitas memori internal maupun eksternal biasanya dinyatakan dalam bentuk
byte (1 byte = 8 bit) atau word.
• Banyaknya word
Panjang word umumnya 8, 16, 32 bit.
b. Satuan Transfer
Satuan transfer sama dengan jumlah saluran data yang masuk ke dan keluar
dari modul memori. Konsep satuan transfer adalah :
• Word, merupakan satuan “alami” organisasi memori. Ukuran word biasanya
sama dengan jumlah bit yang digunakan untuk representasi bilangan dan panjang
instruksi.
• Addressable units, pada sejumlah sistem, adressable units adalah word. Namun terdapat sistem dengan pengalamatan pada tingkatan byte. Pada semua kasus hubungan antara panjang A suatu alamat dan jumlah N adressable unit adalah 2A =N.
• Unit of tranfer, adalah jumlah bit yang dibaca atau dituliskan ke dalam memori pada suatu saat. Pada memori eksternal, tranfer data biasanya lebih besar dari suatu word, yang disebut dengan block.
• Addressable units, pada sejumlah sistem, adressable units adalah word. Namun terdapat sistem dengan pengalamatan pada tingkatan byte. Pada semua kasus hubungan antara panjang A suatu alamat dan jumlah N adressable unit adalah 2A =N.
• Unit of tranfer, adalah jumlah bit yang dibaca atau dituliskan ke dalam memori pada suatu saat. Pada memori eksternal, tranfer data biasanya lebih besar dari suatu word, yang disebut dengan block.
c. Metode Akses
Terdapat empat jenis pengaksesan satuan data, yaitu sebagai berikut.:
• Sequential access
Memori diorganisasikan menjadi unit-unit data, yang disebut record.
Aksesnya dibuat dalam bentuk urutan linier yang spesifik. Informasi
pengalamatan dipakai untuk memisahkan record-record dan untuk membantu proses
pencarian. Mekanisme baca/tulis digunakan secara bersama (shared read/write
mechanism), dengan cara berjalan menuju lokasi yang diinginkan untuk
mengeluarkan record. Waktu access record sangat bervariasi. Contoh sequential
access adalah akses pada pita magnetik.
• Direct access
Seperti sequential access, direct access juga menggunaka shared read/write
mechanism, tetapi setiap blok dan record memiliki alamat yang unik berdasarkan
lokasi fisik. Aksesnya dilakukan secara langsung terhadap kisaran umum (general
vicinity) untuk mencapai lokasi akhir. Waktu aksesnya pun bervariasi. Contoh
direct access adalah akses pada disk.
• Random access
Setiap lokasi dapat dipilih secara random dan diakses serta dialamati
secara langsung. Waktu untuk mengakses lokasi tertentu tidak tergantung pada
urutan akses sebelumnya dan bersifat konstan. Contoh random access adalah
sistem memori utama.
• Associative access
Setiap word dapat dicari berdasarkan pada isinya dan bukan berdasarkan
alamatnya. Seperti pada RAM, setiap lokasi memiliki mekanisme pengalamatannya
sendiri. Waktu pencariannya pun tidak bergantung secara konstan terhadap lokasi
atau pola access sebelumnya. Contoh associative access adalah memori cache.
a. Kinerja
Ada tiga buah parameter untuk kinerja sistem memori, yaitu :
• Access time (Waktu Akses)
Bagi RAM, waktu akses adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan operasi
baca atau tulis. Sedangkan bagi non RAM, waktu akses adalah waktu yang
dibutuhkan untuk melakukan mekanisme baca tulis pada lokasi tertentu
• Cycle time (Waktu Siklus)
Waktu siklus adalah waktu akses ditambah dengan waktu transien hingga
sinyal hilang dari saluran sinyal atau untuk menghasilkan kembali data bila
data ini dibaca secara destruktif.
• Transfer rate (Laju Pemindahan)
Transfer rate adalah kecepatan pemindahan data ke unit memori atau
ditransfer dari unit memori. Bagi RAM, transfer rate sama dengan 1/(waktu
siklus). Sedangkan, bagi non-RAM, berlaku persamaan sbb.:
TN = Waktu rata-rata untuk membaca / menulis sejumlah N bit.
TA = Waktu akses rata-rata
N = Jumlah bit
R = Kecepatan transfer, dalam bit per detik (bps)
a. Tipe Fisik
Ada dua tipe fisik memori, yaitu :
• Memori semikonduktor
Memori ini memakai teknologi LSI atau VLSI (very large scale integration).
Memori ini banyak digunakan untuk memori internal misalnya RAM.
• Memori permukaan magnetik
Memori ini banyak digunakan untuk memori eksternal yaitu untuk disk atau
pita magnetik.
b. Karakteristik Fisik
Ada dua kriteria yang mencerminkan karakteristik fisik memori, yaitu:
• Volatile dan Non-volatile
Pada memori volatile, informasi akan rusak secara alami atau hilang bila
daya listriknya dimatikan. Selain itu, pada memori non-volatile, sekali
informasi direkam akan tetap berada di sana tanpa mengalami kerusakan sebelum
dilakukan perubahan. Pada memori ini daya listrik tidak diperlukan untuk
mempertahankan informasi tersebut. Memori permukaan magnetik adalah non
volatile. Memori semikonduktor dapat berupa volatile atau non volatile.
• Erasable dan Non-erasable
Erasable artinya isi memori dapat dihapus dan diganti dengan informasi
lain. Memori semikonduktor yang tidak terhapuskan dan non volatile adalah ROM.
1. Hirarki Memori
Tiga pertanyaan dalam rancangan memori, yaitu : Berapa banyak? Hal ini
menyangkut kaspasitas. Berapa cepat? Hal ini menyangkut waktu akses, dan berapa
mahal yang menyangkut harga? Setiap spektrum teknologi mempunyai hubungan sbb:
• Semakin kecil waktu access, semakin besar harga per bit.
• Semakin besar kapasitas, semakin kecil harga per bit.
• Semakin besar kapasitas, semakin besar waktu access.
Untuk mendapatkan kinerja terbaik, memori harus mampu mengikuti CPU.
Artinya apabila CPU sedang mengeksekusi instruksi, kita tidak perlu
menghentikan CPU untuk menunggu datangnya instruksi atau operand. Sedangkan
untuk mendapatkan kinerja terbaik, memori menjadi mahal, berkasitas relatif
rendah, dan waktu access yang cepat. Untuk memperoleh kinerja yang optimal,
perlu kombinasi teknologi komponen memori. Dari kombinasi ini dapat disusun
hirarki memori sebagai berikut:
Semakin menurun hirarki, maka hal-hal di bawah ini akan terjadi:
a) Penurunan harga per bit
b) Peningkatan kapasitas
c) Peningkatan waktu akses
d) Penurunan frekuensi akses memori oleh CPU.
Kunci keberhasilan hirarki ini pada penurunan frekuensi aksesnya. Semakin
lambat memori maka keperluan CPU untuk mengaksesnya semakin sedikit. Secara
keseluruhan sistem komputer akan tetap cepat namun kebutuhan kapasitas memori
besar terpenuhi.
Studi Kasus
Latar
Belakang
PT. IWAN CAHAYA SENTOSA
adalah salah satu produsen sekaligus distributor utama pakan ikan hias
NUIKMACTdi Indonesia, yang bertujuan memberikan kontribusi bagi perkembangan
ikan hias di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya. Dengan semakin
meluasnya daerah pemasaran dan permintaan yang semakin bertambah, maka
dibutuhkan Sistem Informasi yang dapat membantu/memperlancar proses penjualan
mulai dari menerima order sampai menyiapkan faktur untuk pembeli/agen.
Estimasi Anggaran dan Analisis Keuangan
Untuk membangun Sistem
Informasi berbasis komputer, pemilik PT. IWAN CAHAYA SENTOSA menganggarkan
biaya sebesar Rp. 19,000,000,- (hanya untuk Sistem Informasi) yang
pengerjaannya dilakukan oleh “Pengembang Software” sebagai “out-sourcing”
(tenaga lepas) sedangkan pembayaran
personil dari Pengembang Software diserahkan sepenuhnya kepada Manajer Proyek.
Sedangkan estimasi anggaran secara keseluruhan adalah Rp. 29,000,000,- dengan
rincian sebagai berikut :
Estimasi
Jadwal
Proyek pengembangan Sistem
Informasi berbasis komputer yang direncanakan selama 4 bulan ditambah 2 bulan
waktu pemeliharaan sistem. Jika pada saat proyek sedang berjalan terdapat
perubahan/penambahan modul maka akan dimasukkan kedalam proyek baru (proposal
baru) dan dikerjakan setelah proyek awal selesai dikerjakan dan
diimplementasikan. Berikut Estimasi Jadwal secara garis besar :
- Persiapan Projek : 1 Minggu
- Analisa Data dan Proses : 2 Minggu
- Peracangan (Data, Proses, Interface dll) : 2 Minggu
- Mempresentasikan hasil rancangan (berikut perubahan) : 1 Minggu
- Programming dan Testing : 8 Minggu
- Implementasi : 2 Minggu
- Pemeliharaan : 8 Minggu
Untuk Anda para Pecinta Judi Online, Mari segera bergabung bersama kami, S128Cash Bandar Betting Online Terbaik Sepanjang Masa !!
BalasHapusKami siap memberi pelayanan Terbaik 24 jam 7 hari NONSTOP !! Dengan memiliki Customer Service Terbaik, Ramah dan PROFESIONAL. Kami yakin Anda akan merasakan Kenyamanan dan Kepuasan yang sesungguhnya jika bergabung bersama kami.
S128Cash menyediakan semua permainan FAIR PLAY yang Populer saat ini, seperti Sportsbook, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDN Poker dan masih banyak permainan lainnya.
Berikut HOT PROMO S128Cash :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!
Jadi segera daftar diri Anda dan raih kemenangan Anda bersama kami.
Hubungi kami :
- Livechat : Live Chat Judi Online
- WhatsApp : 081910053031
Link Alternatif :
- http://www.s128cash.biz
Judi Bola
Daftar Judi Bola